Svartemosse di akhir musim panas

Sudah lama aku tidak ke Svartemosse, danau yang berada dekat dengan apartemen kami. Selama liburan musim panas ini, seingatku aku tidak ke sana. Maklumlah, sibuk jalan-jalan terus mumpung cuacanya bagus. Makanya kemarin aku ingin melihat-lihat seperti apa Svartemosse di penghujung musim panas (kata BMG Swedia sih sebenarnya sudah masuk musim gugur, atau sebenarnya yang dikatakan BMG tepatnya adalah “summer is over”). Mungkin kalau daun-daun sudah mulai menguning, aku akan ke danau lagi untuk melihat suasana.

Tidak semuanya foto pemandangan danau. Sebagian adalah “pernak-pernik” di sekitaran danau, seperti rumput, batu bahkan jamur. Memotret jamur ternyata merupakan tantangan tersendiri, karena posisinya yang sangat rendah dan kurang mendapat sinar matahari. Untung tanah di sekitar jamur-jamur tersebut kering, sehingga celanaku tidak basah gara-gara “ndeprok” …

Oh ya, semua foto di halaman ini diambil menggunakan lensa manual (lensa jadul/legacy lens), yaitu Zuiko OM 50mm f1.8 dan Vivitar CF 28mm f2.8. Untuk motret jamur dan dandelion ditambah dengan extension tube Soligor (kalau gak salah pakai yang 20mm). Hasilnya menurutku cukup memuaskan, gak kalah dengan yang versi digital.

(seperti biasa, klik di masing-masing foto untuk melihat ukuran yang lebih besar)













Jamur yang sempat kutemukan di sekitaran Svartemosse.




Tampak di sini bekas tempat yang digunakan untuk barbecue di musim panas. Tinggal sisa arang dan kaleng-kaleng bekas (tidak kelihatan). Kok kalengnya gak dibuang di tempat sampah sih… dasarrr….

Sisa-sisa laskar Pajang… halah… nggaya… maksudnya Dandelion. Tinggal satu ini yang sempat kulihat masih relatif utuh floret-nya (itu lho bagian yang berwarna putih yang bisa terbang jika ditiup). Sementara dandelion yang lain sudah pada musnah tuh floret-nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s